Kamis, 23 November 2017

Menstimulus Matematika Logis pada Anak | DAY 1

Bismillaah..
Yeaayy, tantangan level 6 sudah di mulai dan kali ini tentang menstimulasi matematika logis pada anak. Matematika ? Pelajaran kesukaan Umma nih. Dan setelah menerima materi tentang tangtangan kali ini Umma baru tahu ternyata matematika pada anak itu bukan sekedar penjumlahan, pengurangan, kali bagi, dll, tapi juga tentang mengenalkan mereka konsep panjang, berat, kecepatan dan tentu saja dengan cara-cara yang sederhana sesuai dengan usia anak. Maasya Allah... Sunggu menuntut ilmu dan mendapatkannya itu sangat menyenangkan yaa..

Alhamdulillah sebelum-sebelumnya Umma dan Ghaza sudah melakukan beberapa kegiatan yang ternyata merupakan cara menstimulus matematika logis sejak dini. Insya Allah melalui tantangan kali ini akan kami lakukan lagi sesering mungkin. Nah hari ini Ghaza dan Umm bermain memasukkan batu-batu gelang ke dalam botol dan mencocokkan sepatu. Permainan ini bertujuan untuk mengenalkan warna pada Ghaza dan melatih kemampuan Ghaza untuk menyelesaikan masalah.
 
Umma masih dalam tahap mengenalkan warna pada Ghaza dan sampai sekarang Ghaza belum bisa mengenalinya hanya menyebutkan nama-nama warnanya. Menurut yang Umma baca di buku Rumah Main Anak, memang butuh waktu untuk mengenalkan warna pada anak karena warna bersifat abstrak tidak seperti hewan dan kendaraan yang bersifat kongkrit. Jadi untuk permainan kali ini, Umma yang bertugas mengklasifikasikan warna dari batu-batu gelang dan Ghaza bertugas memasukkan batu tersebut ke dalam botol sambil Umma sebutkan warnanya dan meminta Ghaza mengikutinya.

Permainan selanjutnya adalah mencocokkan pasangan-pasangan sepatu Ghaza. Jadi Umma meletakkan beberapa pasang sepatu di lantai secara acak dan meminta Ghaza mencari pasangannya sambil Umma membantu untuk menyebutkan warnanya dan meminta Ghaza mengikutinya. Ghaza kadang ikut menyebutkan warnanya, kadang juga tidak. Ghaza lebih tertarik mencocokkan sepatunya dan berlanjut ke memasukkan tali sepatu (bukan tali sih, entah apa namanya haha) ke tempatnya seperti gambar disamping. Ghaza memang sangat suka permainan-permainan sederhana yang dapat melatih motorik halus seperti ini.

Alhamdulillaah..
Umma jadi makin semangat buat belajar dan mencari cara untuk menstimulasi matematika logis pada Ghaza. Semoga bisa terus membersamai Ghaza bermain sambil belajar yah nak sayang..
Terima kasih untuk segala ilmunya IIP, semoga menjadi amal jariyah bagi ^^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menstimulus Matematika Logis pada Anak | DAY 1

Bismillaah..
Yeaayy, tantangan level 6 sudah di mulai dan kali ini tentang menstimulasi matematika logis pada anak. Matematika ? Pelajaran kesukaan Umma nih. Dan setelah menerima materi tentang tangtangan kali ini Umma baru tahu ternyata matematika pada anak itu bukan sekedar penjumlahan, pengurangan, kali bagi, dll, tapi juga tentang mengenalkan mereka konsep panjang, berat, kecepatan dan tentu saja dengan cara-cara yang sederhana sesuai dengan usia anak. Maasya Allah... Sunggu menuntut ilmu dan mendapatkannya itu sangat menyenangkan yaa..

Alhamdulillah sebelum-sebelumnya Umma dan Ghaza sudah melakukan beberapa kegiatan yang ternyata merupakan cara menstimulus matematika logis sejak dini. Insya Allah melalui tantangan kali ini akan kami lakukan lagi sesering mungkin. Nah hari ini Ghaza dan Umm bermain memasukkan batu-batu gelang ke dalam botol dan mencocokkan sepatu. Permainan ini bertujuan untuk mengenalkan warna pada Ghaza dan melatih kemampuan Ghaza untuk menyelesaikan masalah.
 
Umma masih dalam tahap mengenalkan warna pada Ghaza dan sampai sekarang Ghaza belum bisa mengenalinya hanya menyebutkan nama-nama warnanya. Menurut yang Umma baca di buku Rumah Main Anak, memang butuh waktu untuk mengenalkan warna pada anak karena warna bersifat abstrak tidak seperti hewan dan kendaraan yang bersifat kongkrit. Jadi untuk permainan kali ini, Umma yang bertugas mengklasifikasikan warna dari batu-batu gelang dan Ghaza bertugas memasukkan batu tersebut ke dalam botol sambil Umma sebutkan warnanya dan meminta Ghaza mengikutinya.

Permainan selanjutnya adalah mencocokkan pasangan-pasangan sepatu Ghaza. Jadi Umma meletakkan beberapa pasang sepatu di lantai secara acak dan meminta Ghaza mencari pasangannya sambil Umma membantu untuk menyebutkan warnanya dan meminta Ghaza mengikutinya. Ghaza kadang ikut menyebutkan warnanya, kadang juga tidak. Ghaza lebih tertarik mencocokkan sepatunya dan berlanjut ke memasukkan tali sepatu (bukan tali sih, entah apa namanya haha) ke tempatnya seperti gambar disamping. Ghaza memang sangat suka permainan-permainan sederhana yang dapat melatih motorik halus seperti ini.

Alhamdulillaah..
Umma jadi makin semangat buat belajar dan mencari cara untuk menstimulasi matematika logis pada Ghaza. Semoga bisa terus membersamai Ghaza bermain sambil belajar yah nak sayang..
Terima kasih untuk segala ilmunya IIP, semoga menjadi amal jariyah bagi ^^


0 komentar:

Posting Komentar