Kamis, 01 Juni 2017

Komunikasi Produktif | DAY1


KENDALIKAN INTONASI DAN GUNAKAN SUARA YANG RAMAH



"Selama ini kita sering menggunakan suara saja ketika berbicara ke anak, yang ternyata hanya 7% mempengaruhi keberhasilan komunikasi kita ke anak. 38% dipengaruhi intonasi suara dan 55% dipengaruhi bahasa tubuh." (Materi komprod kelas Bunda Sayang IIP)




Dihari pertama #Tantangan10Hari ini, sy memilih mengambil poin "mengendalikan intonasi & menggunakan suara yg ramah" sbg permulaan. Karena menurut sy, ini menjadi dasar penting untuk melaksakan poin² selanjutnya. Dalam poin "Mengendalikan Emosi" misalnya, tentu saja dengan mengendalikan intonasi dan menggunakan suara yang ramah bs menekan emosi "marah". Atau paling tidak kita akan berusaha untuk meredam "marah" terlebih dahulu sblm memilih untuk menggunakan suara yg ramah 😁



Niatnya jika kesempatan kali ini berhasil, sy masih bs mengontrol dan terus menggunakannya untuk tantangan² dipoin selanjutnya.



Mengendalikan intonasi dan menggunakan suara yg ramah ternyata susah susah gampang.. Susahnya krn kadang keceplosan berbicara seperti biasa ke Ghaza, mudahnya krn lingkungan rumah mendukung untuk tidak harus teriak² dan marah². Meskipun nada suara tidak ramah² amat, minimal kan tidak marah² dan ketus yaa hehe
alhamdulillah..



Karena menggunakan poin (Mengendalikan Intonasi dan menggunakan suara yang ramah) ini dalam bahasa sehari-hari ke anak seringnya lupa, maka sy mencoba menerapkannya saat membacakan buku ke Ghaza..



Buku yg saya bacakan hari ini adalah "Pasukan Abrahah", salah satu kisah dalam Al-qur'an tentang pasukan gajah Abrahah yang menyerang Mekkah. Menerapkan poin ini dalam membacakan buku ke Ghaza saya pikir cukup berhasil, karena Ghaza yang sebelumnya tidak bisa duduk diam dalam waktu lama saat dibacakan buku, kali ini menyimak sambil menunjuk-nunjuk gambar-gambar di bukunya.



Seorang bunda di kelas matrik pernah berkata bahwa wajar jika anak seusia Ghaza (1y) belum betah dibacakan buku berlama-lama, tapi kita sebagai Ibu yang ingin agar anak kelak mencintai buku jangan sampai putus asa membacakan buku ke anak, paling tidak minimal 5 menit (Syukron bund say :*).
Tapi kali ini, ternyata dengan menggunakan salah satu poin dari komunikasi produktif, Ghaza bisa lolos duduk diam dibacakan sebuah buku sampai selesai. Bahkan dia akan menunjuk-nunjuk gambar di buku sambil bercoleteh "babaa tubuttubuttu" (hanya Ghaza yg paham artinya :D), mengikuti Umma yang menunjukkan gambar Gajah, Unta, Ka'bah, Burung ababil, ekspresi Abrahah yang marah, dan ekspresi-ekspresi penduduk Mekkah yang kaget dan ketakutan.




Alhamdulillah 'ala kulli haal..
Meskipun belum sepenuhnya poin ini terealisasi pada komunikasi sehari-hari, namun saya sangat bahagia Ghaza bisa senang dibacakan buku dan semakin nempel pada bukunya.
Cintailah buku sbg salah satu sumber ilmu Ghaza nak.. Semoga berkah dan selalu dalam kebaikan dengan ilmu yang teramalkan.. Aamiin




Palu, 1 Juni 2017
Rati Rahmawati | Ummu Ghaza
Kelas Bunda Sayang 2 Sulawesi




#level1
#day1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip
#MengendalikanIntonasiDanMenggunakanSuaraYangRamah



#UmmaPembelajar
#MerinduSurga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komunikasi Produktif | DAY1


KENDALIKAN INTONASI DAN GUNAKAN SUARA YANG RAMAH



"Selama ini kita sering menggunakan suara saja ketika berbicara ke anak, yang ternyata hanya 7% mempengaruhi keberhasilan komunikasi kita ke anak. 38% dipengaruhi intonasi suara dan 55% dipengaruhi bahasa tubuh." (Materi komprod kelas Bunda Sayang IIP)




Dihari pertama #Tantangan10Hari ini, sy memilih mengambil poin "mengendalikan intonasi & menggunakan suara yg ramah" sbg permulaan. Karena menurut sy, ini menjadi dasar penting untuk melaksakan poin² selanjutnya. Dalam poin "Mengendalikan Emosi" misalnya, tentu saja dengan mengendalikan intonasi dan menggunakan suara yang ramah bs menekan emosi "marah". Atau paling tidak kita akan berusaha untuk meredam "marah" terlebih dahulu sblm memilih untuk menggunakan suara yg ramah 😁



Niatnya jika kesempatan kali ini berhasil, sy masih bs mengontrol dan terus menggunakannya untuk tantangan² dipoin selanjutnya.



Mengendalikan intonasi dan menggunakan suara yg ramah ternyata susah susah gampang.. Susahnya krn kadang keceplosan berbicara seperti biasa ke Ghaza, mudahnya krn lingkungan rumah mendukung untuk tidak harus teriak² dan marah². Meskipun nada suara tidak ramah² amat, minimal kan tidak marah² dan ketus yaa hehe
alhamdulillah..



Karena menggunakan poin (Mengendalikan Intonasi dan menggunakan suara yang ramah) ini dalam bahasa sehari-hari ke anak seringnya lupa, maka sy mencoba menerapkannya saat membacakan buku ke Ghaza..



Buku yg saya bacakan hari ini adalah "Pasukan Abrahah", salah satu kisah dalam Al-qur'an tentang pasukan gajah Abrahah yang menyerang Mekkah. Menerapkan poin ini dalam membacakan buku ke Ghaza saya pikir cukup berhasil, karena Ghaza yang sebelumnya tidak bisa duduk diam dalam waktu lama saat dibacakan buku, kali ini menyimak sambil menunjuk-nunjuk gambar-gambar di bukunya.



Seorang bunda di kelas matrik pernah berkata bahwa wajar jika anak seusia Ghaza (1y) belum betah dibacakan buku berlama-lama, tapi kita sebagai Ibu yang ingin agar anak kelak mencintai buku jangan sampai putus asa membacakan buku ke anak, paling tidak minimal 5 menit (Syukron bund say :*).
Tapi kali ini, ternyata dengan menggunakan salah satu poin dari komunikasi produktif, Ghaza bisa lolos duduk diam dibacakan sebuah buku sampai selesai. Bahkan dia akan menunjuk-nunjuk gambar di buku sambil bercoleteh "babaa tubuttubuttu" (hanya Ghaza yg paham artinya :D), mengikuti Umma yang menunjukkan gambar Gajah, Unta, Ka'bah, Burung ababil, ekspresi Abrahah yang marah, dan ekspresi-ekspresi penduduk Mekkah yang kaget dan ketakutan.




Alhamdulillah 'ala kulli haal..
Meskipun belum sepenuhnya poin ini terealisasi pada komunikasi sehari-hari, namun saya sangat bahagia Ghaza bisa senang dibacakan buku dan semakin nempel pada bukunya.
Cintailah buku sbg salah satu sumber ilmu Ghaza nak.. Semoga berkah dan selalu dalam kebaikan dengan ilmu yang teramalkan.. Aamiin




Palu, 1 Juni 2017
Rati Rahmawati | Ummu Ghaza
Kelas Bunda Sayang 2 Sulawesi




#level1
#day1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip
#MengendalikanIntonasiDanMenggunakanSuaraYangRamah



#UmmaPembelajar
#MerinduSurga

0 komentar:

Posting Komentar